This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 25 Maret 2016

Asat-Usut Merantau Demi Pendidikan

alooooo balik lagi udah lama gak nimbrung walaupun blog ini sudah lama berdebu ditinggalkan hahaha

kali ini kita bakal bahas tentang anak rantauan...
sebenernya ini juga sedikit tentang dari cerita gue yang udah jadi mahasiswa baru di pulau seberang.
trus terkadang kita bertanya tanya..\

capek gak sih jadi anak rantauan? jujur aja ya pertanyaan yang satu ini gue bakal jawab IYA capek banget, tapi semua rasa capek itu akan hilang ketika kamu sudah terbiasa dan punya beberapa teman yang dapat mendukung mu :'D.
trus di rantauan ngapain ajaaa? sebenernya ada bermacam-macam alasan untuk jawaban yang ini, dan alasan gue merantau karena ini pilihan gue sendiri demi menuntut ilmu lebih baik (jujur).
trus di rantauan tinggal diamana? gue di rantauan itu nyewa tempat, alias ngekoss.

nah, awal-awal menuntut ilmu di rantauan gimana sih? karena gue salah satu gender "wanitaa" jadi agak berat rasanya, lo yang biasanya gak mandiri DISINILAH permainan mandiri lo dimulai. lo bukan hanya mengurus urusan pendidikan lo, tapi juga mengurus kehidupan lo sehari-hari. dan lo udah bakal bisa mikir panjang buat bulan bulan berikutnya mau ngapain aja, trus bulan bulan berikutnya lo udah harus bisa mikir budget tiap bulan yang lo terima dari orang tua lo buat di amanahin, Hahahah

walaupun gue besar di kampung halaman tapi gue di rantauan juga punya keluarga.. tapi gue rada gak enak tinggal disana.. soalnya gue ini orangnya bakal jadi ngerepotin orang lain. Jadi atas saran keluarga tersayang menyuruh ngekos aja. Susah gak sih mengatur waktu? iya jelas susahhlah.. apalagi gue tipe orang orang yang hobi tidur dan banyak deadlinenya.. dan sifat satu ini gue udah berusaha bisa berangsur seikit demi sedikit mengilangkan sifat jelek satu ini. ada gak sih kepikiran buat balik ke kampung halaman? ada. beneran adaa gue sempat mikir ngulang kuliah tahun depan di tempat gue dibesarkan biar bisa deket sama keluarga dan masih bisa banyak manjanya (ahaayyyy) :D. Tapi, ini serius.. gue gak mau balik dan berpikiran seperti itu lagi, karena ini pilahan gue sendiri menuntut ilmu di pulau seberang. gue ini rada keras kepala dan akhirnya ngecapek-in diri gue sendiri.. wkwkwkw.

awalnya gue udah dapat saran dari ortu buat kuliah di tempat aja.. gak usah merantau.
tapi karena ini berhubung gue mikir, gue pengen nuntut ilmu yang baik dan belajar mandiri (gue ini pemalass) maka akhirnya gue miih dirantauan. satu lagi, kalo masalah tugas tugas kuliah sussaahh iya emang sussahh karena bakal banyak bejibuun tugas yang kita dapat, gue sempet nangisss beberapa kali gara gara tugas ini. dan kampus gue salah satu kampus yang ibaratnya wajib nongkrong yah maklumlah namanya juga maba, tapi jujur memang rada keras tapi gak keras keras amat. tapi ini beneran.. disinilah gue merasa banyak capeknya. gue serasa rasa hampir di opname karena saking lelahnya. tapi karena tuntutan gue harus bisa itu yang buat gue terus maju dan tetap bertahan (aseeek).

kalo masalah budget gimana? ya itu pinter pinter eluu buat ngatur diri lu supaya gak boros, apalagi jurusan gue termasuk salah satu jurusan yang banyak ngabisin duitnya, mahal karena alat-alat tugasnya itu looh.. mau minta nambah ke orang tua gak enak, mau gak mau harus hemat. kecuali kalo emang udah terdesak harus minta mau gak mau harus bilang walaupun hati ini berat untuk memintanya :(.

temen-temen di rantauan gimana? nah kalo yang ini jujur, semakin banyak temen rantauan lo, maka semakin banyak pula perangai dan sifatnya. disini lu bakal nemuin teman hanya sekedar untuk tertawa dan teman yang benar benar bakal tertawa dan sedih bareng di hadapan loo. tapi sebagaimana jelek jeleknya atau pun baik baiknya perangai temen lo, lo tetep harus mengahargai mereka. karena mereka juga sama sama manusia, seperti kita.. sama-sama makhluk yang diciptakan atas akal pikiran dan hati oleh tuhann (jadi jangan sembarangan ngomong sama teman yaww) hahaha.

asat usut ini cerita malah jadi ceramah, awal dari kisah ini sebenernya gue pengen pulang sesekali.. gak tau kenapa karena baru baru kali yah kayak gitu. salah satu orang yang gue rindukan itu adek gue.. gak tau kenapa gue rindu aja sama dia. gue sih hobinya berantem sama adek gue, kita juga saling mendengarkan keluh kesah, senang ataupun haru satu sama lain. kebetulan orang tua gue emang orang tua yang super sibuk dan rada cuek (sama kayak gue) jadi orang yang deket gue itu cuma adek gue. tapi gue harap gue ataupun adek gue, gak mau ngelupain satu sama lain kalo udah gede nanti. gue ini juga gak suka pertengkaran karena bikin capek dan ngabisin tenaga aja hahah.

ngatur makan gimana? kalo makan gue sering telat gara gara jadwal sering bentrok, jadi gue itu kalo semisalnya siang gak sempet makan (nasi). malamnya gue sampai dikossan masak nasi buat porsi 2 bekal penuh.. dan 2 porsi itu gue makan malam itu juga.. biar cadangan banyak tersimpan XD.
tapi ya sama aja sih, badan gue tetep kurus gini karena nutrisinya habis buat berpikir dan lelah. jadi kalo dirantauan ini lo harus bisa jaga makan lo. kalo gak sempet makan setidaknya ada penjanggal buat di pagi dan siang hari seperti gorengann, roti atau bisa kalo sempet bawa bekal dikit dari kossan. nah saran nih, kalo ngekos jauh dari orang tua itu sebaiknya masak sendiri, karena budgetnya lebih murah dari pada lu beli sana beli sini.

terus kalo bangun buat jadwal pagi kuliah ini gimana? kalo bangun pagii gue salah satu orang yang paling susssaaah kalo bangun pagi, karena pas masih sekolah biasanya suara emakk atau nenek tercintaa yang ngebangunin dengan nada keras atau pun omelan pagi wkwkwkw tapi ini benerann lhoo entah kenapa dengan alarm pagi yang satu ini gue bener bener bisa bangun ya walaupun sering nunda "entaarr,entaaar,dan entarrr". nah kalo sekarang ini gue ngidupin alarm hp selang 15 menit sekali XD dan menghipnotis diri sebelum tidur bahwa besok gue harus bangun pagi (ahaaayyy).

nah satu pertanyaan nyeleneh lagi, "Sempet gak sih nyari pacar disaat kuliah gini?" waawlahuallam belum kepikiran sama sekali, karena gue udah terbiasa buat  ngejomblo *eh. ngggak nggak ini alasannya karena jadwal yang lumayan banyak ngabisin waktu buat kuliah, berteman, tugas, dan urusin diri sendiri buat sehari hari ini yang bikin jadi gak kepikiran. boro-boro dah malam minggu berduan sama pacar, kalo gue malam minggu malah gue manfaatin buat tiduuuuuurrrrr panjang sebagai pengganti hari-hari sebelumnya gue gak tidur karena tugas. boro boro mikirin pacar, modal duit buat makan dan jalan sama pacar aja gak punya wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw. Tapi ini benerann faktor terbesarnya adalah karena gue belum "nemuin calon jodoh gue dimana" wkwkwkw ngakak XD.

yah...................
tapi gue alhamdulillah udah cukup bersyukur atas apa yang udah gue dapatkan. karena masih banyak orang diluar sana yang lebih susah dari kita. dan gue juga turut mendoakan bagi mereka yang belum beruntung supaya bisa mendapat kebahagiaan dan rejeki yang lebih. aamiiin

jadi kesimpulan yang lo dapet dari cerita ini, ngerantau itu ada senang dan sedihnya. Asalkan lo ngejalanin semuanya dengan ikhlas dan yakin. sebenernya ada banyak lagi kurang lebihnya dari cerita ini. tapi gue rasa lo cukup tau hal yang umum aja. kalo lebih detailnya bakalan lebih panjang lagii hahahah :D.

okeee wassalaaaam..